Pantangan Makanan Asam Urat

Untuk mengurangi dan membatasi kadar asam urat dalam darah dan agar tidak semakin meningkat dapat dilakukan dengan cara mengurangi asupan makanan yang mengandung purin tinggi, dengan mengatur pola makan yang sehat dan teratur dapat mengurangi dan menghindari resiko dari asam urat akut.

Dalam mengatur pola makan yang baik bagi penderita asam urat, mematuhi pantangan bagi penderita asam urat adalah makanan yang mengandung purin yang tinggi dan pola hidup yang tidak sehat sebaiknya dihindari untuk mengontrol asam urat. Pemilihan jenis makanan pun perlu diperhatikan terutama makanan yang tinggi purin harus dihindari. Penderita asam urat masih boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah purin dan purin sedang.

Purin merupakan zat makanan yang menyebabkan seseorang terserang asam urat, sehingga mengakibatkan rasa nyeri pada persendian dan terasa cukup sakit hingga mengganggu aktivitas penderita. Terkadang penderita asam urat memaksa dirinya untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan atau meringankan rasa nyeri yang diakibatkan oleh asam urat. Namun konsumsi obat-obatan medis, obat yang di beli di apotik dsb dapat menyebabkan kinerja fungsi organ ginjal ikut terganggu.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat

Pantangan bagi penderita asam urat tidak hanya terletak pada makanan saja, namun pada gaya hidup, kebiasaan sehari-hari yang dilakukan, efektivitas olahraga yang dilakukan dsb. Namun dari banyaknya kasus yang terjadi asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Berikut jenis makanan yang harus dihindari, setidaknya dibatasi bagi penderita asam urat :

1. Makanan laut yang dikemas dalam bentuk kaleng, seperti ikan sarden, corned dsb.

2. Menghindari atau mengurangi makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi.

3. Mengurangi konsumsi atau menghindari minuman dan makanan yang mengandung alkohol adalah langkah terbaik dalam membatasi kadar asam urat agar tidak semakin meningkat. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol seperti tapai, bir, tuak, makanan yang dibuat dengan banyak ragi.

4. Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dll. Sudah rahasia umum bahwa jeroan menjadi pantangan asam urat.

5. Beberapa jenis buah-buahan yang mengandung purin tinggi, seperti durian, alpokat, air kelapa muda, emping melinjo, dll

Adapun jenis makanan yang boleh dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang sedikit antara lain :

- Tahu dan tempe, ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi
- Beberapa jenis sayuran tertentu seperti kangkung, bayam, brokoli, tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, jamur.
- Beberapa makanan yang mengandung lemak, namun masih dapat ditolerir, seperti santan, margarine, mentega atau goreng-gorengan.

Jenis makanan tersebut yang boleh dikonsumsi seperti yang disebutkan diatas memiliki kadar purin rendah dan sedang.

Dan makanan lainnya yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah :

- Makanan yang memiliki banyak sumber karbohidrat seperti beras, kentang, singkong, terigu, tepung tapioka, hongkwe, makaroni, mie, bihun, roti dan biskuit. Karbohidrat sederhana yang termasuk dalam golongan fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup alangkah baiknya untuk dihindari karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat.

- Buah-buahan seperti semangka, melon, nanas, belimbing manis dan jambu air.

- Jenis makanan olahan yang dapat dikonsumsi keju, susu dan telur.

Oleh karenanya penderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya minimal 8-10 gelas per hari. Dengan tujuan agar asam urat berlebih yang terkandung dalam darah mudah dikeluarkan melalui urine dan organ ginjal serta saluran kandung kemih tidak mengalami penumpukan dan penyumbatan asam urat.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pantangan Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>