Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat adalah jenis arthritis yang membuat penderita asam urat cukup tersiksa. Penyakit asam urat ini disebabkan oleh adanya penimbunan kristal pada persendian yang diakibatkan dari meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh. Sakit asam urat hanya menyerang sendi-sendi tubuh sebagai tempat penyimpanan asam urat yang berlebih. Sendi – sendi tubuh yang sering diserang asam urat adalah jari-jari kaki atau tangan, lutut/dengkul, pergelangan tangan, siku tangan, tumit dan tulang belakang. Selain rasa nyeri pada sendi, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian yang diserang asam urat mengalami pembengkakan, radang sendi, rasa panas dan kaku.

Dari banyaknya kasus yang terjadi, hampir 90 % penyakit asam urat disebabkan oleh ketidak mampuan kinerja dari fungsi organ ginjal dalam membuang asam urat secara menyeluruh dari tubuh yang dikeluarkan melalui urine dan sebagian lagi penyebab dari penyakit asam urat adalah produksi asam urat yang berlebih.

Kebanyakan kasus dari pasien asam urat banyak dihinggapi oleh pria dibanding wanita. Pria yang memasuki usia antara 40 tahun keatas memiliki resiko terserang asam urat lebih besar dibanding dengan wanita, hal ini karena wanita memiliki hormon estrogen yang berfungsi dalam mengatur dan mengendalikan asam urat, asam urat pada wanita akan timbul saat wanita memasuki masa menopause karena fungsi kerja hormonnya semakin menurun.

Penderita asam urat biasanya memiliki keluhan lainnya seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan atersklerosis. Sebagian lainnya yang menderita asam urat adalah mereka yang memiliki kelebihan berat badan/kegemukan (obesitas). Bila asam urat tidak dengan diatasi akan berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat hal yang harus dilakukan adalah mengurangi atau membatasi asupan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi yang menjadi salah satu penyebab asam urat. Kebiasaan buruk yang dilakukan juga menjadi pemicu dari meningkatnya kadar asam urat dalam darah, jika asam urat semakin meningkatkan produksinya dan tubuh sulit untuk mengolah dan mengendalikan asam urat maka akan mengakibatkan pengendapan atau kelebihan asam urat yang disebut dengan hiperurisemia dan gout (radang sendi).

Contoh makanan yang mengandung purin tinggi yang harus dihindari oleh penderita asam urat, diantaranya :

- Alkohol dan soft drink
- Melinjo dan emping
- Kacang-kacangan
- Jamur, bayam matang, dan sawi
- Daging kambing
- Jeroan dan gajih (lemak)
- Kerang-kerangan
- Bebek dan kalkun
- Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
- Krim dan Es krim


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Pantangan Asam Urat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>